Harga Domba Texel Fullblood Terbaru dan Super Update Tahun Ini di Ciamis

Berapa harga daging domba Texel di pasaran tahun ini? Dinamakan berdasarkan asal usulnya, Pulau Texel terletak di Provinsi Belanda Utara, Belanda. Daging domba texel dikenal sebagai daging unggul di seluruh dunia, karena dagingnya yang sangat ramping.
Domba Texel memiliki tubuh yang besar dan otot yang sangat kuat. Mereka juga memiliki bulu berwarna putih keabu-abuan. Penyebaran domba ini hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang mempunyai banyak peternak.
Berbicara mengenai bulu pada domba, sekilas terlihat hampir mirip dengan domba Merino. Perbedaan domba Texel dan Merino justru terletak pada bulunya. Texel memang memiliki wol, tetapi hanya menutupi badan, tidak termasuk wajah dan kaki.
Domba ini berbeda dengan Merino karena memiliki bulu yang tebal dan panjang menutupi seluruh anggota tubuhnya. Bahkan rambut di wajah dan kaki pun tumbuh, menjadikan Merino produsen kain wol paling produktif di dunia.
Berapa harga domba Texel super, fullblood atau cross saat ini? Sebelum kita membahas harganya, mari kita pelajari dulu sejarah Texel sebagai daging domba potong yang populer di Indonesia.

Harga Domba Texel dan Sejarah Populasinya di Indonesia

Sebaran domba Texel pada abad ke-18 telah mencapai lebih dari 35 negara di dunia, termasuk di benua Eropa, Amerika, dan Oceania. Negara-negara ini mengalami peningkatan populasi kawanan ternak Texel. Hal ini disebabkan kemampuan beradaptasi dan daya tahan Texel yang sangat baik.
Tak terkecuali di Indonesia, baru pada pertengahan abad ke-20, sekitar tahun 1970-an, Texel masuk ke Indonesia dari Belanda. Perkembangan pertama terjadi di Jawa Barat sebelum menyebar ke seluruh Pulau Jawa.
Wol texel digunakan dalam tekstil, dan dagingnya juga rendah lemak. Meski begitu, produksi wol Texel tidak sebanding dengan domba Merino yang mampu memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian suatu negara.
Afrika, Belanda dan Australia hingga saat ini menjadi pusat peternakan domba Texel. Oleh karena itu, Texel Indonesia menjadi mayoritas di negara tersebut. Harga domba Texel ditentukan oleh kualitas dan ras atau keturunannya.
Texel super mulai 1,75 jutaan untuk wanita usia 6-7 bulan. Laki-laki dengan jenis dan usia yang sama harganya sekitar 2 juta.
Namun jangan salah, Texel tetap menjadi aset investasi yang bagus. Harga pria dewasa bergolongan darah lengkap bisa mencapai 60.000.000.
Double Diamond adalah domba yang memegang rekor Texel termahal. Dia adalah Texel Fullblood yang dijual di Skotlandia pada lelang seharga $490.000. Itu sekitar 7,2 miliar rupiah.

Ciri-Ciri dan Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

Harga domba texel cukup terjangkau (untuk supercross) di Indonesia. Oleh karena itu mereka sangat populer di kalangan peternak. Sedangkan untuk domba texel fullblood berpengaruh besar terhadap kualitasnya.
Ada baiknya mempelajari ciri-ciri dan ciri-ciri domba texel agar dapat mengenalnya lebih jauh. Secara umum, berikut beberapa ciri-ciri tersebut.
Ciri-Ciri dan Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia
Ciri-ciri yang menonjol pada domba texel dapat Anda lihat berdasarkan bentuk fisiknya. Domba Texel lebih besar dari domba penghasil wol. Domba texel memiliki beberapa ciri lain yang melekat pada tubuhnya.
1. Badan berotot besar/besar
Kerangkanya yang besar dan berotot adalah ciri yang paling jelas terlihat. Alasan ini pula yang menjadikan Texel sebagai salah satu domba terbaik di dunia. Texel tidak hanya terkenal dengan dagingnya tetapi juga penghasil wolnya. Daging texel memiliki kandungan lemak yang rendah karena tubuhnya yang berotot.
2. Wajah Domba Texel Putih
Selanjutnya tampak depan domba texel mempunyai muka yang berwarna putih bersih. Domba ini memiliki wajah yang biasanya bebas bulu panjang. Hanya rambutnya yang pendek saja yang membuat bentuk kepala Texel semakin terlihat jelas.
3. Tidak Ada Rambut di Kaki dan Kepala
Wol tidak tumbuh di kaki Texel kecuali di kepala. Sehingga tampilan dari domba ini ‘lebih keren’ dibandingkan domba atau kambing pada umumnya. Rambut yang hanya ada di badan dan ekornya membuatnya tampak semakin besar.
Domba texel dewasa dapat memiliki berat sebanyak 160 kg. Bobot yang sangat berat ini adalah fakta bahwa Texel juga merupakan raksasa daging di antara domba. Sedangkan di antara kambing pedaging raksasa terdapat jenis kambing Boer.
4. Telinga Pendek ke Atas
Ciri fisik domba ini selanjutnya terletak pada bentuk telinganya. Entah domba texel murah atau mahal, bentuk kupingnya sama yaitu pendek dan atas. Telinganya seperti menghadap ke depan (dengan posisi hampir mendatar).
5. Hidung dan Kaki Domba Texel Berwarna Hitam
Jika Anda berkesempatan untuk melihat lebih jauh secara fisik, perhatikanlah hidung dan kuku domba Texel. Hidung dan kuku kakinya berwarna hitam (gelap).
Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia
Kemudian dari sifat domba yang jinak, merpati, tidak galak seperti kambing aduan. Sebaliknya, domba betina Texel mudah bergaul dan bersahabat dengan manusia. Sedangkan untuk domba Texel jantan cenderung sedikit lebih agresifaku. Karakter domba Texel dijelaskan lebih detail di bawah ini.
1. Meski badannya besar, namun mudah untuk digerakkan
Walaupun mempunyai badan yang besar, ditambah lagi dengan bulu di badannya yang menjadikannya lebih besar. Domba texel masih bisa bergerak dengan mudah. Pasalnya, struktur genetik domba texel memang seperti itu sehingga tetap mampu menghasilkan daging berkualitas dunia di setiap bagian tubuhnya.
2. Mudah diperbanyak
Kabar gembira bagi para peternak, domba Texel bebas domba yang tentunya meningkatkan produktivitas di peternakan. Gibasbarokah.com menawarkan domba Texel dengan harga terjangkau.
3. Pertumbuhan Sangat Cepat Melebihi Domba Broiler Lokal
Domba texel tumbuh sangat cepat, sama seperti domba potong. Persediaan makanan harus cukup untuk makanan sehari-hari. Menurut penelitian, orang dewasa berdarah penuh Texel mengalami kenaikan berat badan antara 300 dan 600 gram per hari.
4. Perawatan mudah, daya tahan tubuh tinggi dan adaptasi mudah
Domba texel juga mudah dirawat. Domba ini mampu beradaptasi dengan kondisi ekstrim karena pernah tinggal di Pulau Texel. Dari kemampuan beradaptasi dan kemampuan tubuh dalam mengobati dirinya sendiri, kita bisa memulainya dengan ketahanannya yang kuat terhadap penyakit.
5. Bisa Ramah Jadi Bisa Jadi Hewan Peliharaan
Jika Anda suka bermain dengan kambing atau domba, Texel mungkin cocok untuk Anda. Kambing Kerdil mempunyai ukuran yang kecil, dan dimanfaatkan terutama sebagai kambing hias. Texel merupakan seekor kambing berukuran raksasa yang lucu dan menggemaskan.
Untuk penawaran harga domba Texel atau jenis domba lainnya (fullblood atau crossbreed) dapat menghubungi Gibas Barokah Modern Farm (GB Farm Ngawi). Informasi kontak dan informasi dapat Anda temukan di website gibasbarokah.com atau media sosial kami dengan nama yang sama.
#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting