Universitas Penerbangan Terbaik Di Indonesia Tahun 2024

STAI Nurul Hidayah Setelah lulus SMA, banyak siswa yang melanjutkan studi di universitas pilihannya. Jenis pelatihan yang sangat populer adalah sekolah penerbangan.
Tidak jarang orang yang ingin menjadi pilot harus melanjutkan studinya di sekolah penerbangan. Siswa yang ingin mendaftar di sekolah penerbangan setidaknya harus memenuhi beberapa persyaratan.

Persyaratan yang paling umum mencakup usia minimal 17 tahun, kebugaran fisik, dan kemampuan berbahasa Inggris yang baik.
Artikel berita bisnis berikut ini secara terpisah memberikan rekomendasi tujuh sekolah penerbangan yang bisa Anda ikuti setelah SMA.

Beberapa Daftar Universitas Penerbangan Terbaik Di Indonesia

Berikut daftar beberapa kampus penerbangan terbaik di Indonesia, mari kita simak kampus penerbangan terbaik di Indonesia di bawah ini : 

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

Sekolah penerbangan pertama yang direkomendasikan adalah STPI. Merupakan sekolah resmi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
Berlokasi di Tangerang, Banten, sekolah ini menawarkan empat jurusan: Penerbangan, Teknik Penerbangan, Keselamatan Penerbangan dan Manajemen Penerbangan.

Untuk kuliah di STPI harus melewati serangkaian tes. Rangkaian tersebut meliputi Tes Akademik Calon (TPA), tes psikologi, tes kesehatan, tes bakat dan wawancara.

Sekolah Tinggi Teknik Penerbangan Surabaya

Universitas Politeknik Surabaya juga merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Diperoleh dari web.poltekbangsby.ac.id Universitas Politeknik Surabaya menawarkan berbagai program studi mulai dari D3 Teknik Pesawat Terbang, D3 Teknik Konstruksi dan Pondasi hingga D3 Manajemen Transportasi Udara.

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan

Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) merupakan sekolah penerbangan yang terafiliasi dengan Kementerian Perhubungan.
Dikutip dari dephub.go.id, akademi ini berlokasi di Surabaya, Makassar dan Medan. Mata pelajaran yang tersedia meliputi Navigasi Udara, Teknik Keselamatan Penerbangan, Teknik Bandara, Teknik Perawatan Pesawat dan banyak lagi.

Akademi Penerbangan Internasional Bali (BIFA)

Sekolah penerbangan lainnya adalah BIFA. Berlokasi di Buleleng, Bali, akademi ini mendapat sertifikasi resmi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional.

Terdapat tiga program pelatihan: Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL) dan Instrument Rating (IR). Sedangkan persyaratan untuk belajar di BIFA antara lain:

  • Usia 18-33 tahun
  • Pendidikan minimal pada cabang keilmuan menengah
  • Tinggi badan minimal 165 cm
  • Sehat secara fisik
  • Skor TOEIC 700

Akademi Penerbangan Ganesha

Ganesha Flying Academy merupakan sekolah penerbangan yang didirikan pada tahun 2012. Tempat pelatihan Akademi Terbang Ganesha terletak di Tulung Wulung, Cilacap.

Terdapat empat program pelatihan yang dapat dipilih: Private Pilot License (PPL), Investment Rating (IR) atau Supplemental Pilot Licence, Commercial Pilot License (CPL), Multi-Engine Rating (MER) atau Aircraft Pilot Licence. Mobil:

Akademi Penerbangan Bandung

Sekolah penerbangan lainnya adalah Akademi Penerbangan Bandung. Akademi penerbangan ini didirikan pada tahun itu juga.
Di Akademi Penerbangan Bandung, Anda bisa mendapatkan lisensi pilot swasta, lisensi pilot komersial, lisensi pilot pesawat multi-mesin, dan lisensi pilot tambahan.

Sekian informasi artikel tentang Kampus Penerbangan Terbaik Di Indonesia dan penjelasan kampusnya, terimakasih.